Anime Movie 5 Centimeters Per Second

26 Februari 2015

5 Centimeters Per Second
"A chain of short stories about their distance."

Halo Assalamualaikum...
Kali ini saya akan membahas tentang salah satu anime yang menurut saya bagus dan saya jatuh cinta pada anime ini, walaupun terbilang sangat telat karena film ini dirilis tahun 2007 yang lalu dan saya baru tahu baru baru ini hehehe.
Byōsoku 5 Centimeter (Byōsoku Go Senchimētoru) merupakan sebuah film anime Jepang tahun 2007 oleh Makoto Shinkai. Film ini tamat ditayangkan pada tanggal 22 Januari 2007.
Banyak pendapat yang diberikan orang-orang mengenai anime ini. Ada yang bilang cerita anime ini biasa saja dan membingungkan, ada yang bilang hanya visual gambarnya saja yang bagus,ataupun ending yang tidak sesuai harapan para penontonnya. Namun saya tetap jatuh cinta pada anime ini,baik ceritanya,visual gambarnya,soundtrack lagunya,ataupun ending dari anime ini. Anime ini menjadi salah satu daftar anime favorit saya hehe
Saya beri sedikit sinopsis dari anime ini. Anime ini bermula dari cerita seorang anak laki-laki dan anak perempuan bernama Tohno Takaki dan Akari Shinohara. Anime yang berurasi hanya satu jam ini,Ceritanya terbagi dalam tiga chapter.
Chapter pertama: Ōukashō (Bunga Sakura Mekar), ketika Tohno Takaki dan Akari Shinohara saat masih duduk di sekolah dasar, Banyaknya kesamaan membuat hubungan mereka berdua lebih dekat dari pada siswa lainnya sampai akhirnya pada usia 13 tahun, Akari pindah sekolah mengikuti orang tuanya ke daerah Tochigi yang jaraknya lumayan jauh dari Tokyo, Ketika naik kelas 2 SMU giliran Takaki yang pindah ke daerah Kagoshima, sehingga Takaki memutuskan untuk mengunjungi dan bertemu Akari sebelum jarak mereka semakin jauh yang memungkinkan mereka berdua semakin sulit bertemu.

Chapter 2: Cosmonaut, diisi oleh cerita Tohno Takaki saat SMA yang satu sekolah dengan Kanae. Kanae ini menyukai Tohno Takaki. Ia sempat ingin mengungkapkan perasaannya tapi tidak jadi karena melihat Tohno yang sering memandangi layar HP nya. Chapter kedua ini lebih bercerita dari sudut si Kanae, bagaimana si Kanae ingin sekali dekat dengan Tohno, bagaimana ia memendam perasaannya, dan bagaimana ia menyadari akan suatu hal.

Pada chapter ketiga : Byōsoku 5 Centimeter, diceritakan perjalanan Tohno Takaki yang kian beranjak dewasa, ia mulai sibuk dengan pekerjaannya. Namun, tak pernah melupakan kenangannya bersama Akari. Di setiap langkah Tohno selalu terbayang Akari. Itu sebabnya Tohno tak bisa move on walaupun Akari akan menikah dengan yang lain.

Itu singkat ceritanya yang bisa saya jelaskan hehe kalau pengen tau kisah selanjutnya saya saranin langsung nonton filmnya saja yaa..

 

Menurut saya pesan yang disampaikan film anime ini adalah bukan mengenai 'kalau jodoh tak kemana' atau cinta lama bersemi kembali, tetapi tentang bagaimana 'move on' setelah hubungan di masa lalu kandas dan juga tentang cinta yang tak tersampaikan, mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan film ini secara keseluruhan. Pesan yang saya ambil dari film ini adalah jangan ragu, jika kau mencintai seseorang, maka katakanlah bahwa kau mencintainya. Jika tidak, dia tidak akan pernah tau dan mungkin saja dia akan jauh pergi meninggalkanmu di belakang.

Pertama kali saya selesai nonton film ini saya bingung dan bertanya tanya,loh kok gini? Kok mereka nggak ketemu lagi? Kok Takaki sama Akari kok nggak pacaran? Hahaha tapi setelah saya coba pahami lagi,saya dapat memahami memang terkadang gak ada happy ending dalam hidup ini kan? Ada saat kita seneng dan ada saat kita sedih dan walaupun disaat sedih dan terpuruk kita harus bisa bangkit lagi dan bukan malah menyerah dengan masalah yang ada.

Dan soundtrack film ini menurut saya bagus banget,nadanya sedih dan liriknya ngena banget, soundtrack anime ini dinyanyikan oleh masayoshi yamazaki yang berjudul one more time one more chance. cek lirik dan arti lagunya disini....

 

Oke segini dulu ya tentang anime 5centimeters per second semoga bermanfaat..



 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
29 Juni 2015 pukul 18.35 delete

Kunjungan Sore (y), Ya kalau menurut Saya Pribadi ,film Ini Mengajarkan bahwa Selama kita masih Tetap bertahan dimasa lalu kita yg tidak ingin kita tinggalkan, maka masa lalu itu perlahan akan menghancurkan dan Menenggelamkan kita , Intinya adalah Jangan Pernah Berpikir kita masih dapat Mengubah masa lalu , Sama spt yg dilakukan Tohno dlm film ini yg Mencoba berpikiran kalau akari masih Memikirkan dirinya ... Mis di chap 2 : Tohno selalu membuat pesan singkat di ponselny yg tak pernah ia kirimkan yg sbenarny ditujukan utk Akari ,dan bisa ditebak Akhirnya : Patah hati ,dan rasa bersalah ... Tp itu hny opini saya .bs stuju bs gak ... Yg trpnting top Post Deh buat Agan ,meski udah mau jalan 8 tahun semenjak diluncurkan filmny ,agan msh setia review nih anime yg bkin nyesek ,... Oh iy min ,ini juga ada versi Novel dan Manganya (harus baca ,karena inilah obat Move on sehabis nntn Animeny yg beracun) ,ok deh ... Maju trus gan

Reply
avatar